Desa Bantul Masuk Nominasi 10 Besar Desa Terbaik Se Indonesia

Foto untuk : Desa Bantul Masuk Nominasi 10 Besar Desa Terbaik Se Indonesia

Tim Evaluasi Lomba Desa Tingkat Nasional menominasikan Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam 10 besar desa terbaik se Indonesia.
Ketua Tim Evaluasi Lomba Desa Tingkat Nasional Valentino Sudaryanto, menyebutkan, Desa Panggungharjo mempunyai Kampung Dolanan Anak, batik enceng gondok, konveksi dari kain bekas serta produksi makanan khas desa, yang mana pada saat ini ditampilkan masyarakat setempat dalam tahapan penilaian lomba desa tersebut.

"Ini membanggakan karena Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, berhasil masuk dalam 10 besar desa terbaik dari sekitar 70.000 desa se-Indonesia. Kami sangat terkesan dengan cara penyambutannya," katanya di Balai Desa Panggungharjo, Bantul, Jumat (18/7), seperti dilansir Antara.

Menurut Valention, lomba desa tingkat nasional yang salah satunya diikuti Desa Panggungharjo, akan dilaksanakan dalam empat tahapan yakni tahapan administrasi, verifikasi lapangan, pemaparan atau presentasi serta penetapan juara terbaik.

"Dalam verifikasi lapangan saat ini, dari 10 desa akan diambil enam desa terbaik, mereka kemudian diminta mempresentasikan di depan dewan juri," kata Valentino.
Menurut dia, verifikasi di lapangan dilakukan dengan penilaian pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam setiap program, potensi dan tingkat perkembangan desa disertai keunikannya, pemahaman aparat desa dalam sistem informasi penyelenggaraan desa, serta pembangunan desa dan kawasan pedesaan.
"Acuannya meliputi pemberdayaan masyarakat, inisiatif masyarakat dalam pemerintahan, juga kepatuhan mereka terhadap kebijakan pemerintahan. Kami berharap Desa Panggungharjo bisa menjadi contoh teladan bagi desa lain," katanya.

Pihaknya juga berharap kepada pemerintah setempat, agar perkembangan desa bisa terus didukung dengan disertai pembinaan agar kualitasnya semakin baik, apalagi animo pemerintah daerah dalam mengikuti lomba desa tingkat nasional semakin meningkat.

Camat Sewon Bantul, Wintarto menambahkan, Desa Panggungharjo terdiri dari 461 rukun tetangga (RT), dan merupakan daerah pertumbuhan di mana banyak terjadi perkembangan perumahan sehingga sebagian dari jumlah penduduk sebanyak 106.929 jiwa merupakan pendatang.

IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri